Universitas Muhammadiyah Malang memiliki sebuah legacy system, yakni layanan SMS gateway. Selama sistem ini digunakan muncul beberapa kebutuhan baru, yakni kebutuhan akan fungsional dan non fungsional, diantaranya adalah automatic reply yang diintegrasikan dengan data request, automatic broadcast dan interface yang responsif. Munculnya berbagai kebutuhan baru ini menandakan bahwa institusi berharap performa dan fungsionalitas dari legacy system bertambah. Ketika perlu untuk memperbarui software dan berharap performa, keandalan, dan fungsionalitasnya bertambah, tanpa mempengaruhi fungsi utamanya, software re-engineering dapat mengatasi masalah seperti ini. Software re-engineering dapat diimplementasikan pada legacy system (SMS gateway) untuk ditransformasikan kedalam sistem informasi manajemen layanan SMS center, sehingga beberapa kebutuhan baru seperti automatic reply yang diintegrasikan dengan data request, automatic broadcast, dan interface yang responsif dapat direalisasikan. Pada software re-engineering terdapat model proses yang harus dilakukan dalam proses implementasi. sehingga proses transformasi dari legacy system ke sistem informasi manajemen layanan SMS center serta proses penambahan beberapa kebutuhan baru dapat berjalan dengan baik, sehingga apa yang diharapkan institusi dapat direalisasikan.
Suropaty, R. P., Maskur, M., & Wahyuni, E. D. (2016). Sistem Informasi Manajemen Layanan SMS Center Universitas Muhammadiyah Malang. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 1(2), 91-100. https://doi.org/10.22219/kinetik.v1i2.13