common.openJournalSystems

Rancang Bangun Sistem Informasi Servis Oli Sepeda Motor Menggunakan Odometer Berbasis LBS

Renda Arya Santana, Diah Risqiwati, Zamah Sari

Abstract

Waktu servis dapat diketahui melalui mengkonversi putaran roda kendaraan menjadi jarak tempuh. Penggunaan sensor magnet Reed Switch untuk menghitung putaran roda sepeda motor, kemudian Mikrokontroller digunakan sebagai pengolah data putaran roda menjadi jarak tempuh. Apabila perhitungan jarak tempuh telah mencapai batas untuk servis oli, maka akan diberikan suatu peringatan berupa suara menggunakan buzzer. Sistem ini juga dilengkapi dengan button reset untuk me-reset perhitungan jarak tempuh dan sd card yang digunakan untuk menyimpan data jarak tempuh. Aplikasi LBS dapat menentukan posisi pengguna maupun bengkel-bengkel resmi Honda yang telah terintegrasi. Dengan kombinasi ini, aplikasi LBS Bengkel akan mencari rute untuk menghubungkan posisi pengguna dengan bengkel motor serta memanfaatkan servis di google yang sudah disertakan layer traffic sehingga pengguna dapat memilih bengkel yang sesuai dengan keinginannya. Dari hasil aplikasi LBS bengkel yang telah dibuat, aplikasi dapat mendaftarkan servis sepeda motor ke bengkel-bengkel yang terintegrasi. Aplikasi tersebut memapu melakukan proses pencarian lokasi bengkel terdekat di sekitar pengguna dan menunjukkan rute dari lokasi pengguna ke bengkel tujuan menggunakan API google map.

Kata kunci: Location Based Service (LBS), Mikrokontroler, Bengkel, Reed Switch, Buzzer

Keywords

LBS bengkel

Full Text:

PDF

References

Haryono, S. Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) Di Kota Yogyakarta. 2010. repository.upnyk.ac.id/ 6240/2/Sigit_Haryono_Naskah .pdf

Ramadhan, Taufik, and Victor Gayuh Utomo. "Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus: STMIK Provinsi Semarang)." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 5.2 (2014): 47-55.

Nugroho, Stefan Raharjo, and Hasto Sunarno. "Identifikasi Fsis Viskositas Oli Mesin Kendaraan Bermotor Terhadap Fungsi Suhu dengan Menggunakan Laser Helium Neon." Jurnal Sains dan Seni (2012): 1-5.

Hermawan, Henry (2009). Open Source Development Tools Untuk Mikrokontroler AVR Pada System Operasi Linux. 2009. http://repository.ubaya. ac.id/3210/7/Hermawan_Open.pdf

Anwar, Badrul, Hendra Jaya, and Putra Indra Kusuma. "Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi User." Jurnal SAINTIKOM Vol 13.2 (2014).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Indexed by:

Referencing Software:

Checked by:

Statistic:

View My Stats

ISSN: 2503-2267