Analisis Pengaruh System Quality, Information Quality, Service Quality Terhadap Net Benefit Pada Sistem KRS-Online UMM

Analisis Pengaruh System Quality, Information Quality, Service Quality Terhadap Net Benefit Pada Sistem KRS-Online UMM

Muhammad Asrar Fathoni, Gita Indah Marthasari, Wildan Suharso

Abstract

Implementasi sistem informasi KRS-online dalam perkuliahan digunakan untuk membantu proses penyusunan KRS oleh setiap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menguji variabel-variabel serta indikator yang mempengaruhi kesuksesan sistem informasi KRS-online UMM. Model penelitian ini mengadopsi model penelitian DeLone and Mclean IS Success. Kuesioner yang disusun dalam penelitian ini disebarkan kepada 100 responden yang memiliki kualifikasi sebagai mahasiswa pengguna sistem KRS-online. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna, kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna dan kepuasan pengguna memiliki pengaruh yang signifikan terhadap net benefit. Berdasarkan hasil Analisis ditunjukkan bahwa kesuksesan sistem informasi KRS-online UMM memiliki persentase sebesar 70,5% yang artinya kesuksesan sistem informasi KRS-online UMM berada pada tingkatan sukses.

Keywords

Delone and Mclean, KRS-Online, User Satisfication, Net Benefit, Success.

Full Text:

PDF

References

M. Salim, “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Perpustakaan Senayan Dengan Pendekatan Model Delone dan McLean,” IGRASS, 2014. [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/11158/.

D. Radityo, “Pengujian Model DeLone and McLean Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus),” in Simposium Nasional Akuntansi X, 2007, Pp. 1–25.

W. Delone, E. McLean, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: a ten-year update,” Journal of Management Information System, Vol. 19, No. 4, Pp. 9–30, 2003.

S. A. Saputro PH, Budiyanto AD, “Analisa Kesuksesan E-Government Menggunakan Success Model’s Delone And Mclean (Studi Kasus: Pemerintah kota Pekalongan),” SENTIKA, 2016.

A. W. Utami FS, “Analisa Kesuksesan Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi dengan Menggunakan D&M IS Success Model (Studi Kasus: ITS Surabaya),” Jurnal Sistem Informasi, Vol. 4, No. 5, Pp. 294–309, 2013.

K. Falgenti, S. Pahlevi, “Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi ERP pada Usaha Kecil Menengah Studi Kasus: Implementasi SAP B1 di PT. CP,” Jurnal Manajemen Teknologi ITB, Vol. 12, No. 2, 2013.

J. Iivari, “An empirical test of the DeLone-McLean model of information system success,” Database Adv Inf Syst., Vol. 36, No. 2, Pp. 8–27, 2005.

Likert R, “A technique for the measurement of attitudes,” Archives of Psychology, 1932. [Online]. Available: http://psycnet.apa.org/psycinfo/1933-01885-001.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, 2011.

A. Purwanto, “Rancangan Dan Implementasi Model Pemeriksaan Kinerja Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Atas Aplikasi E-Government Di Pemerintah Daerah,” Electronic Theses & Dissertations Repository UGM, 2007.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 

Indexed by:

Referencing Software:

Checked by:

Statistic:

View My Stats


Creative Commons License Kinetik : Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control by http://kinetik.umm.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.