ANALISIS TEMA SKRIPSI MAHASISWA MENGGUNAKAN DOCUMENT CLUSTERING DENGAN ALGORITMA LINGO

dyah mustikasari

Abstract


Dalam dunia teknologi informasi, banyak sekali topik yang dapat diangkat menjadi tema skripsi. Sayangnya, tidak jarang mahasiswa mengambil tema skripsi yang sama dengan tema skripsi mahasiswa angkatan sebelumnya. Karena memiliki kesamaan tema, akhirnya muncullah judul-judul skripsi yang hampir mirip. Hal ini tentu membuat penelitian di kalangan mahasiswa tidak dapat berkembang dengan cepat. Seharusnya tema yang sudah sering diangkat diganti dengan tema-tema baru yang sesuai dengan perkembangan jaman.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tema-tema skripsi yang sering digunakan mahasiswa pada rentang waktu tertentu. Tema skripsi dapat dianalisa dari judul dan abstraknya. Karena data yang digunakan pada penelitian ini adalah data tekstual, maka analisa dilakukan dengan  metode pada text mining, yakni document clustering menggunakan algoritma clustering LINGO. Document clustering dengan algoritma LINGO diaplikasikan menggunakan perangkat lunak Carrot2 Workbench.

Hasil penelitian ini berupa klaster-klaster yang beranggotakan dokumen masukan. Setiap kelompok memiliki label. Label mencerminkan kesamaan anggota pada kelompok tersebut. Dari label klaster ini dapat dianalisa tema skripsi.


Keywords


skripsi, clustering, LINGO

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22219/kinetik.v2i2.180

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22219/kinetik.v2i2.180.g47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KINETIK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic:

View My Stats