common.openJournalSystems

Penggunaan Teknik Keamanan Pada Jaringan Serat Optik Dengan Metode Anti-Jamming Dan Steganografi Menggunakan Modul Optisystem

Mia Rosmiati, Ian Pramana Depari, Arrindra Rizky Purba

Abstract

Serat optic merupakan media transmisi yang dapat menghantarkan informasi dalam bentuk cahaya. digunakannya cahaya sebagai media penghantaran informasi membuat media ini dapat menghantarkan informasi dengan kapasitas besar dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga saat ini serat optic banyak digunakan dalam Telekomunikasi. jaringan serat optic ini harus disertai dengan teknik keamanan yang handal dalam proses transmisi informasinya, karena jika terjadi penyerangan dalam jaringan yang serat optic maka data yang akan diterima oleh receiver akan jauh berbeda dengan data yang dikirim transmitter. Sehingga hal ini sangat fatal jika informasi yang dikirimkan memiliki tingkat kerahasiaan yang sangat tinggi seperti informasi keamanan Negara. Adapun metode yang dapat digunakan dalam pengamanan jaringan serat optic adalah metode steganography dan metode anti-jamming. Dari percobaan yang telah dilakukan terlihat bahwa teknik steganography memiliki tingkat kehandalan yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode anti-jamming dengan nilai BER untuk metode steganography adalah 1.91219e-077.

Keywords

Jaringan Serat Optic, Steganography, anti-jamming, BER

Full Text:

PDF

References

G. P. Agrawal, "Fiber-Optic Communication Systems," vol. 3, 2002.

B. J. Ben Wu, "Optical steganography," Secure communicaation in fiber-Optic Networks, 2014.

John Doe, Internet Usage Within Nations. Boston: Boston Publishing, 2000.

Optisystem, "Optisystem," optical communication system amplifier design sofware, 2009.

Z.Wang, Improving the privacy of optical steganography with temporal phase masks, Opt. Express, vol. 18, 2010.

OptiSystem, "OptiSystem Tutorials - Volume 1 and volume 2," 2014.

Pramana, Ian Depari, Pembangunan Teknik Keamanan Pada Jaringan Serat Optik dengan Metode Optical Steganography melalui modul optisystem, Buku Proyek Akhir Universitas Tekom , 2016.

Rizki, Arindra S. Purba, Pembangunan Teknik Keamanan pada Jaringan Serat Optik dengan Metode Anti-Jamming Melalui modul Optisystem Buku Proyek Akhir Universitas Tekom, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 

Indexed by:

Referencing Software:

Checked by:

Statistic:

View My Stats


Creative Commons License Kinetik : Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control by http://kinetik.umm.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2503-2267