Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur

Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur

Windah Supartini, Hindarto Hindarto

Abstract

Tuberkolusis adalah suatu penyakit menular berbahaya yang disebabkan oleh dari kelompok Mycobacterium yaitu Microbacterium Tuberkulosis. Setiap pasien Tuberkulosis dapat menularkan penyakitnya pada orang lain yang berada disekelilingnya dan atau yang berhubungan erat dengannya. Dalam masalah kesehatan semakin banyak jumlah penderita suatu penyakit dan bertambah pula jenis penyakit. Sedangkan jumlah ahli kesehatan seperti dokter terbatas jumlahnya.
Oleh karena itu perlu dibangun suatu sistem yang dapat membantu ahli kesehatan, penderita atau siapapun yang bergerak dibidang kesehatan untuk meringankan pekerjaanya. Sistem ini merupakan prototipe dan dibuat sesederhana mungkin, sehingga para pemakai dapat dengan mudah menggunakannya dan merancang ulang sistem pakar ini untuk jenis lainnaya. Karena Dikarenakan masih banyak orang yang tidak mengetahui gejala gejala suatu penyakit tersebut,. Dibutuhkan Sehingga dibuat suatu sistem pakar yang dapat mendiagnosa secara dini pada penyakit tuerkulosis. dengan Dengan menggunakan metode forward chaining berbasis web, dengan menggunakan sistem pakar ini, penyakittuberkulosis dapat dikenali dengan melihat gejala gejala yang dapat menjelaskan dan menggambarkan apakah seseorang diduga terkena suatu penyakit atau tidakpenyakit tersebut. Dengan adanya sistem pakar ini, orang awam mampu mendeteksi adanya penyakit pada dirinya atau orang lain berdasarkan gejala gejala dengan menjawab pertanyaan seperti halnya konsultasi ke dokter. Dengan demikian, orang awam dapat mendeteksi penyakit beserta solusi pengobatannya sejak dini, sehingga bisadapat dilakukan penanganan segera, bahkan dapat dilakukan upaya pencegahan terhadap penyakit tuberkulosis.
Hasil perbandingan antara hasil dan dDiagnosa sistem pakar, memiliki nilai keakuratan 93,333 % dan nilai eror 6,667 % untuk uji coba pada 15 pasien. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pakar cukup layak untuk digunakan oleh pasien dalam mendiagnosa dini pada penyakit tuberkulosis.

Keywords

Tuberkulosis, Forward Chaining, Sistem Pakar, Web

Full Text:

PDF

References

[1] Tim Pengembangan Modul.,Pelatihan penanggulangan Tuberkulosis bagi Kader Komunitas, Penerbit Recipient TB Aisyiyah, Jakarta 2009.

[2] Winarko, Edi, (2006), Perancangan Database Dengan Power Desaigner 6.32, Prestasi Pustakarya, Jakarta.

[3] Purwono, Edi, (2007), Sistem Analisis, ANDI, Yogyakarta.

[4] Azzolini, John, (2004), Introduction to System Engineering Practices, ANDI Offset, Yogyakarta.

[5] Ignizio J.P., Introduction To Expert Sistem: The Development and Implementation Of Rule-Based Expert System, McGraw-Hill International Editions, 1991.

[6] Girratano, Riley, (1994), Expert Sistem : Principles and Programming, PWS Publising Company, Boston.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Referencing Software:

Checked by:

Supervised by:

Statistic:

View My Stats


Creative Commons License Kinetik : Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control by http://kinetik.umm.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.