common.openJournalSystems

Analisa Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1 (Studi Kasus: Unit Pelaksana Teknis Telematika Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)

Mohammad Idhom

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia merupakan proses dan struktur hubungan yang mengendalikan dan mengarahkan suatu organisasi perusahaan dalam mencapai tujuan organisasi dengan menambahkan nilai agar teknologi informasi dan prosesnya dapat diseimbangkan dengan resikonya. Diperlukan sebuah evaluasi sumber daya manusia dibidang teknologi informasi untuk mengetahui sejauh mana tingkatan pengelolaan terhadap sumber daya manusia di Unit Pelaksana Teknis Telematika saat ini. Sumber daya manusia di bidang teknologi informasi pada Unit Pelaksana Teknis Telematika membutuhkan pengembangan dan pengelolaan sesuai dengan harapan organisasi. Melihat terbatasnya sumber daya manusia di bidang teknologi informasi pada Unit Pelaksana Teknis Telematika sangat terbatas sehingga kegiatan operasional masih belum efektif dan memenuhi sasaran yang diharapkan. Melihat kondisi organisasi yang mengalami terbatas pada sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dilakukan evaluasi secara detail dengan menggunakan COBIT 4.1.Dalam melakukan evaluasi sumber daya manusia dengan menggunakan kerangka kerja COBIT yang berfokus pada Domain PO7 diharapkan dapat memberikan acuan dan perbaikan yang lebih efektif terhadap organisasi ke depannya.

Keywords

Evaluasi, Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi, COBIT 4.1

Full Text:

PDF

References

ITGI. COBIT 4.1. ISBN 1-933284-72-2. USA: IT Governance Institute. 2007.

Arumana, A., Rochim, A. F., & Pertiwi, I. Analisa Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 pada Fakultas Teknik Undip. Jurnal Teknologi Komputer. 2014.

Agus Prasetyo Utomo, N. M. Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) pada Bidang Akademik dengan COBIT Frame Work Studi Kasus pada Universitas Stikubank Semarang. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume. 2011.

Supradono, B. Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) pada Layanan dan Dukungan Teknologi Informasi (Kasus: Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Semarang). SEMANTIK (Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan). 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 

Indexed by:

Referencing Software:

Checked by:

Statistic:

View My Stats


Creative Commons License Kinetik : Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control by http://kinetik.umm.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2503-2267